Kamis, 25 November 2010

STRUKTUR DAN FUNGSI SEL MIKROBA

STRUKTUR DAN FUNGSI SEL MIKROBA
Ada 2 tipe sel mikroba :
1. Sel prokariotik : tipe sel pada bakteri dan sianobakteri/ alga biru ( jasad prokariotik)
2. Sel eukariotik : tipe pada jasad tingkatnya lebih tinggi dari bakteri yaitu khamir, jamur, alga selain alga biru protozoa, dan tanaman serta hewan.
Struktur sel :
 Inti sel, inti sel eukariotik pada inerfase dikelilingi oleh suatu membrane yang terdiri dari 2 lapisan lemak. Pada tanaman dan hewan tingkat tinggi dikenal adanya reproduksi secara seksual
 Membrane sel prokariotik, permukaan luar lapisan lemak membrane sel bersifat hidrofil, sedangkan permukaan dalamnya bersifat hidrofob. Pad beberapa bakterimembran mengelilingi sitplasma tanpa menunjukkan adanya lipatan sedangkan membrane pada bakteri lain mengalami pelipatan ke dalam yang disebut mesosom. Pada bakteri fotosintetik khlorofil tidak terdapat dalam suatu khloroplas, melainkan terdapat dalam membrane yang sangat berlipat-lipat di dalam sel .
3. Dinding sel bakteri bersifat agak elastic dan tidak bersifat permeable terhadap garam dan senyawa tertentu dengan berat molekul rendah. Rangka dasar dinding sel bakteri : murein peptidoglikan yang tersusun dari N-asetil glukosamin dan N-asetil asam muramat. Dinding sel bakteri gram negative, hanya terdiri atas murein yang hanya mengandung diaminopemelat,dan tidk mengandung lisin. Adapun peranan lisosom yaitu merusak ikatan antar N-asetilglukosamin dan N-asetil asam muramat dalam murein sehingga lisosim dapat merombak murein dalam dinding sel.
4. Flagel dan Pili, flagel merupakn salah satu alat gerak bakteri yang letaknya dapat polar, bipolar, peritrik, ukurannya berdiameter 12-18 nm dan panjangnya lebih dari 20 nm.
5. Kapsul dan lendir, beberapa bakteri mengakumulasi senyawa-senyawa yang kaya akan air, sehingga membentuk suatu lapisan dipermukaan luar selnya yang disebut sebagai kapsul/selubung berlendir. Lendir merupakan kapsul yang lebih encer adakalanya kapsul bakteri dapat dipisahkan dengan metode penggojokan kemudian diekstrakan atau menghasilakn lendir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar